Isnin, April 14, 2008

Secara Umumnya, Syiah ni.....



I. Syiah hanya memiliki 5 rukun Iman, tanpa menyebut keimanan kepada para malaikat, Rasul, Qadha dan Qadar. Iaitu, 1. Tauhid (keesaan Allah) 2. al-'Adl (Keadilan Allah). 3. Nubuwwah (Kenabian) 4. Imamah (Kepemimpinan Imam) 5. Ma'ad atau Hari kebangkitan dan pembalasan. (Muhammad Ridha Mudzaffar, al-'Aqaidul Imamiyyah).

II. Syiah tak dak dua kalimah syahadah dalam rukun Islam, yaitu: 1. Solat 2. Zakat 3. Puasa 4. Haji 5. Wilayah atau Perwalian. (al-Kafi, Juz II, hal 18).

III. Syiah meyakini bahwa al-Qur'an sekarangg ini telah diubah, ditambah atau dikurangi dari yang seharusnya.

IV. Syiah meyakini bahwa para sahabat sepeninggalan Nabi murtad kecuali beberapa orang saja seperti al-Miqdad bin al-Aswad, Abu Dzar al-Ghifary dan Salman al-Farisi. (ar Raudhah minal Kafi, Juz VIII, hal 245; dan al Ushul minal Kafi, Juz II, hal 244).

V. Syiah menggunakan senjata taqiyyah yaitu berbohong, dengan cara menampakkan sesuatu yang berbeza dengan sebenarnya, untuk mengelabui mata orang. (al-Ushul minal Kafi, Juz II, hal 2l7).

VI. Syiah percaya pada ar-Raj'ah yaitu kembalinya ruh-ruh ke jasadnya masing-masing di dunia sebelum Kiamat di kala Imam Ghaib mereka keluar dari persembunyiannya dan menghidupkan Ali dan anak-anaknya untuk balas dendam pada lawan-lawannya.

VII. Syiah percaya kepada al-Bada'yakni tampak bagi Allah dalam hal keimaman Ismail (yang telah dinobatkan ke-Imamannya oleh ayahnya Ja'far ash-Shadiq, tetapi kemudian meninggal di saat ayahnya masih hidup) yang tadinya tak tampak. Jadi bagi mereka, Allah boleh khilaf, tetapi imam mereka tetap ma'sum.

VIII. Syiah membolehkan Nikah Mut'ah (Nikah Kontrak) dengan jangka waktu tertentu. (Tafsir Minhajus Shadiqin, Juz II, hal: 493). Padahal, nikah mut'ah telah diharamkan Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib sendiri.



p/s: post kali ini sebab ramai kawan yang tanyakan penulis apa syiah ni, so ini intro skit..jika nak tau lebih lanjut leh la lawat Hakekat.com dan Tumpah Weblog atau pun dekat google image tu, search je syiah

Tiada ulasan: